Kita Perlu Mengenal Seleksi SMM PTN-BARAT

Posted by Java Bloggers on Saturday, June 10, 2017

Sistem Seleksi Mandiri PTN merupakan Jalur Mandiri sebagai istilah yang digunakan oleh masyarakat secara umum untuk menyebut sistem penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi negeri di Indonesia. Seleksi Mandiri PTN ini digelar dengan jadwal setelah kegiatan seleksi Snmptn dan Sbmptn.

Sistem Seleksi tersebut mengacu kepada Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguran Tinggi Negeri. Di mana dalam peraturan tersebut diatur sejumlah pola penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN).

Pola pertama, adalah jalur SNMPTN, yaitu merupakan seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa.

Pola kedua, adalah SBMPTN, yaitu seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dengan metode cetak (paper based testing) atau komputer (computer based testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Dan Pola ketiga, adalah seleksi mandiri, yaitu seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN.

Sekitar awal Januari tahun 2017 ini, Menristek Dikti M Nasir mengatakan bahwa Pemerintah telah menetapkan secara resmi tiga pola penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri.

Berikut tiga pola penerimaan tersebut dimana untuk tiga pola penerimaan mahasiswa baru tersebut pihak Pemerintah sudah menetapkan masing-masing kuotanya :


Pola penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN)


No.Nama Seleksi Penyelenggara SeleksiKeterangan
1 Snmptn Panitia Snmptn SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri) : dialokasikan minimal 30 persen dari kuota
2 Sbmptn Panitia Sbmptn SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) atau jalur tes tertulis : dialokasikan minimal 30 persen dari kuota
3 Seleksi Mandiri Penyelenggara PTN yang bersangkutan Pola seleksi mandiri : maksimal 30 persen dari kuota yang pengaturannya dilakukan oleh masing-masing rektor PTN


Terkait pola seleksi mandiri, pada beberapa waktu yang lalu, Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Wilayah Barat (BKS-PTN Barat), telah membentuk panitia penerimaan mahasiswa dari jalur mandiri. Panitia yang diberi nama panitia Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN-Barat Tahun 2017), tergabung di dalamnya 16 PTN.

Dalam pertemuan pimpinan perguruan tinggi tersebut baru baru ini, dipercaya sebagai Ketua Pantia SMM PTN-Barat tahun 2017 Prof Dr Samsul Rizal, M. Eng. (Rektor Unsyiah) dan sekretaris Prof Tafdil Husni, MBA. PhD. (Rektor Univ. Andalas).

Sementara 16 PTN yang tergabung adalah Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Andalas (Unand), Universitas Tengku Umar, Institut Negeri Samudera, Universitas Lampung, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Jambi, Universitas Samudera. Selanjutnya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, ISBI Aceh, Universitas Malikussaleh, Universitas Palangkaraya, Universitas Bangka Belitung, UIN Raden Fatah Palembang, dan ISI Padang Panjang.

Dirilis dari situs resminya, dinformasikan bahwa Program SMM PTN-BARAT 2017, pada dasarnya merupakan jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi yang teknis pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama. Seperti halnya SBMPTN, SMM PTN-BARAT adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper-based Test), atau menggunakan komputer (Computer-based Test), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa, yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

Pembiayan penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2017 sepenuhnya bersumber dari biaya registrasi dan seleksi para calon mahasiswa. Informasi lebih lanjut meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya registrasi dan seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan pilihan PTN serta program studinya, secara rinci dapat dilihat pada laman www.smmptnbarat.id dan website masing-masing perguruan tinggi peserta SMM PTN-BARAT tahun 2017.


Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!


Sumber:
- www.ujiantulis.com
- situs resmi Panitia SMM PTN-BARAT 2017 (smmptnbarat.id)
- Sumut Pos
- sumber-sumber lainnya yang terpercaya.



{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment