SMMPTN Universitas Andalas (Unand)

Posted by Java Bloggers on Wednesday, June 14, 2017

Universitas Andalas (Unand) yang berlokasi di Limau Manis, Padang Sumatera Barat (Sumbar), menggelar 3 (tiga) jalur Penerimaan Calon Mahasiswa S1 Universitas Andalas 2017.

Berdasarkan perkembangan dan aturan yang ditetapkan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi maka pada tahun ini Universitas Andalas (Unand) mengadakan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Mandiri Bersama Perguruan Tinggi (SMMPTN).

Kuota untuk masing-masing jalur penerimaan terhadap daya tampung masing-masing program studi adalah sebagai berikut :

- SNMPTN sebanyak 40%,
- SBMPTN sebanyak 30%,

UNtuk para peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang tidak lulus, masih dapat mengikuti ujian masuk Universitas Andalas Padang melalui jalur Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri untuk wilayah barat (SMMPTN-Barat).

Menurut Wakil Rektor I Universitas Andalas, Dachriyanus, Selasa 13 Juni 2017, pendaftaran sudah dibuka sejak 1 Juni 2017 dan berakhir 30 Juni 2017.

Dachriyanus mengatakan SMMPTN-Barat ini diselenggarakan oleh Universitas Andalas bersama sejumlah perguruan tinggi Indonesia bagian Barat. Ada sekitar 16 perguruan tinggi yang tergabung dalam penyelenggaraan jalur mandiri tersebut termasuk Unand.

Dijelaskan juga oleh Wakil Rektor I Universitas Andalas, bahwa pada dasarnya merupakan SMMPTN Barat adalah jalur seleksi mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi, yang teknik pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama. Penyelenggaraan SMMPTN-Barat ini melalui metode cetak (paper-based test), atau menggunakan komputer (computer-based test). Juga kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa, yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMMPTN-Barat.

Dachriyanus menjelaskan ujian SMMPTN-Barat ini dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu ujian sains teknologi (saintek) dengan materi ujian Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan saintek. Kelompok ujian sosial humaniora (soshum) dengan materi ujian TKPA, TKD, dan soshum. Kelompok ujian campuran dengan materi ujian TKPA, TKD, saintek, dan soshum. Setiap peserta dapat mengikuti salah satu dari tiga kelompok itu.

Rektor Universitas Andalas Tafdil Husni menegaskan bahwa memang untuk Unand diselenggarakan tiga jalur PMB yang bisa ditempuh bagi calon mahasiswa untuk masuk Universitas Andalas. Selain SNMPTN dan SBMPTN, jalur lain yang digunakan adalah jalur mandiri bersama dengan perguruan tinggi wilayah barat. Untuk jalur mandiri (SMMPTN Universitas Andalas atau Unand) pihak Unand menyediakan kuota sebesar 30 persen, yakni sekitar 1.437 kursi.


Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!


Sumber:
- um.ujiantulis.com
- unand.ac.id
- Koran Tempo

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment