SMMPTN Universitas Lampung (Unila)

Posted by Java Bloggers on Wednesday, June 14, 2017

Universitas Lampung (Unila) yang berkampus di Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung, membuka 3 (tiga) jalur penerimaan mahasiswa baru (PMB). Setelah usai penerimaan Snmptn dan Smbptn. Selanjutnya Unila menggelar Seleksi Mandiri (SM), bergabung dengan seleksi mandiri masuk PTN (SMMPTN) Barat Indonesia yang dikelola oleh Panitia yang beralamat di Universitas Andalas (Unand).

Humas penerimaan mahasiswa baru Unila, Moneyzar Usman menjelaskan, tahun lalu jalur mandiri itu pesertanya hanya sebatas dari wilayah Lampung saja. Sekarang, berdasarkan rapat 16 rektor PTN wilayah barat, calon-calon siswa dari wilayah Indonesia barat bisa ikut seleksi.

Adapun kuota yang akan diterima sebanyak 25 persen dari 5.000 mahasiswa yang akan diterima Unila tahun ini. Jadi bagi calon mahasiswa yang kemarin tak diterima dari jalur SNMPTN atau SBMPTN bisa mendaftarkan diri dari jalur mandiri.

Jalur mandiri sudah dibuka sejak 1 s.d. 30 Juni mendatang, selanjutnya untuk ujian akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juli dan menggunakan tes tertulis. Selain PTN wilayah barat, Universitas Palangkaraya (UPR) juga masuk dalam skema SMMPTN.

Dengan sistem tersbut pihak Unila berharap calon mahasiswa yang belum diterima di Unila dari dua jalur sebelumnya nantinya bisa diterima lewat jalur mandiri ini.

Sebagai informasi, bahwa Posko pendaftaran ujian mandiri Universitas Lampung (Unila) sudan dibuka. Namun walaupun pendaftaran jalur mandiri sudah dibuka sejak 1 Juni 2017, posko pendaftaran baru beroperasi hari Selasa (13 Juni 2017), bertepatan dengan jadwal pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Salah satu mahasiswa yang membuka posko pendaftaran, Nur Aini, menyebut sampai hari ini pendaftar jalur mandiri (SMMPTN Unila) masih sepi.

Beberapa calon pendaftar yang datang hanya sekadar bertanya dan konsultasi seputar jurusan. Kemungkinan mulai tanggal 14 Juni sampai minggu depan ramai pendaftar karena hari ini masih menunggu pengumuman SBMPTN, demikian seperti dituturkan oleh Nur di posko pendaftaran.

Salah satu calon pendaftar ujian mandiri, Tomi, mengaku masih menunggu pengumuman SBMPTN. Jika tidak lulus, ia akan mendaftar jalur mandiri.

Dikutip dari laman simanila.unila.ac.id jalur mandiri dibagi ke dalam dua jenis yaitu ujian paralel dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi (SMMPTN) Barat yang akan ditutup 30 Juni 2017. Selanjutnya, akan dibuka pendaftaran jalur vokasi (diploma) mulai 13 Juli 2017.

Dalam konferensi pers pengumuman hasil SBMPTN Unila, Humas Panitia Lokal Ujian Mmandiri Unila, M. Komarudin mengatakan hingga 13 Juni 2017, baru ada 35 calon mahasiswa yang mendaftar SMMPTN Barat dan pararel.



Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!


Sumber:
- um.ujiantulis.com
- unila.ac.id
- Lampung Post
- Koran Tribun

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment