SMMPTN Universitas Jambi (Unja)

Posted by Java Bloggers on Tuesday, June 13, 2017

Seleksi masuk Universitas Jambi (Unja) diselenggarakan dengan sistem Jalur Undangan/Seleksi Raport yakni Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Dimana penerimaan mahasiswa baru didasarkan Prestasi Akademis (nilai raport) yang dilakukan secara Nasional. Seleksi tidak berupa ujian tulis, melainkan berupa seleksi nilai raport. Program ini diperuntukkan siswa/i lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2017.

Di samping itu diselenggarakan juga sistem Jalur Ujian Tulis yaitu Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan Jalur SMM PTN-Barat (Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia). Dimana penerimaan didasarkan Ujian Tulis yang dilakukan secara Nasional yang dilaksanakan oleh Beberapa Perguruan tinggi negeri Indonesia Wilayah Barat.

Pihak Unja memprediksikan bahwa persaingan para lulusan sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat memperebutkan kursi mahasiswa baru di Universitas Jambi (Unja) melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Wilayah Barat dipastikan sangat ketat. Pasalnya, Unja hanya menyediakan kursi terbatas dalam penerimaan mahasiswa baru melalui jalur ketiga seleksi masuk PTN tersebut.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unja, RA Muthalib di Jambi, Selasa (6 Juni) menjelaskan, Unja hanya menerima sekitar 2.100 orang calon mahasiswa baru melalui jalur SMMPTN Wilayah Barat. Jumlah calon mahasiswa baru Unja yang diterima melalui jalur SMMPTN tersebut sekitar 30 persen dari total 7.000 kursi mahasiswa baru Unja tahun ini.

Sebelumnya Unja sudah menerima sekitar 1.700 orang calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur undangan. Sedangkan jumlah mahasiswa baru Unja yang diterima melalui jalur kedua, yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sekitar 3.000 orang.

Pola seleksi mandiri SMMPTN Unja ini merupakan jalur ketiga bagi calon mahasiswa baru merebut kursi di Unja. Karena itu jumlah calon mahasiswa baru yang akan diterima sesuai kuota, yakni 30 persen. Perebutan kursi mahasiswa baru Unja melalui jalur SMMPTN ini diikuti para lulusan SMA dan sederajat di wilayah Sumatera.

Menurut RA Muthalib, pendaftaran SMMPTN Wilayah Barat dilaksanakan mulai 1-30 Juni 2017. Pendaftaran SMMPTN dilakukan secara online. Ujian tertulis SMMPTN di Unja dilaksanakan di kampus Unja Mendalo, Kabupaten Muarojambi dan kampus Unja Telanaipura, Kota Jambi.

Dijelaskan, perguruan tinggi negeri yang masuk kelompok wilayah barat ada 16 perguruan tinggi dan para calon mahasiswa baru yang mengikuti SMMPTN di Unja bisa memilih 16 perguruan tinggi yang masuk kelompok perguruan tinggi wilayah barat Indonesia tersebut. Perguruan tinggi yang masuk kelompok wilayah barat bisa dilihat di Situs Resmi Smmptn Barat.


Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!


Sumber:
- unja.ac.id
- um.ujiantulis.com
- smmptnbarat.id
- Suara Pembaruan

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment